Selasa, 16 Juli 2013

Kajatisu Terima Audiensi Rektor Unimed

Kajatisu Bambang Setyo Wahyudi SH MHum:
Siap Bersinergis Menjalin Hubungan Dengan Unimed




Medan,  Sang Saka Merah Putih 45 Online                          Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kajatisu) Bambang Setyo Wahyudi SH MHum menerima Audiensi  Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof. Dr. Ibnu Hajar Damanik Msi  sekaligus Penanggungjawab Rombongan  Pertunjukan Kompetisi Budaya Dumatera Utara pada “44” Tahun Debrecen Flower Carnival” di Hungaria dan Beograd Serbia Eropa Tengah Tanggal 14- 24 Agustus 2013 di Ruang Tamu Kajatisu Jalan Jend. AH Nasution Medan, Rabu (6/7/2013).

Kajatisu mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kedatangan Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof. Dr. Ibnu Hajar Damanik Msi  sekaligus Penanggungjawab Rombongan  Pertunjukan  serta  tugasnya sebagai pejabat eksekutif di lembaga hukum dipemerintahan seraya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk bersinergis menjalin hubungan dengan Unimed sebagai bagian dari elemen masyarakat yang perlu diperhatikan, selanjutnya Kajatisu menyampaikan agar Kejatisu dapat berperan terhadap apa program yang bisa disinergikan dengan Unimed ke depannya, tutur Kajatisu.
Lebih lanjut Kajatisu dalam suasana Bulan Ramadhan, mengaku "Sebagai Kajatisu baru berharap mendukung program kerjanya dalam meningkatkan kesadaran hukum di wilayah teritorial di Sumut dalam tataran dunia pendidikan dan cabang-cabang ilmu lainnya. Kajatisu meminta saling mendoakan khususnya keberangkatan ke Hungaria diridhoi Tuhan dalam perjalanan, even pertunjukan koreografi di Hungaria dan pulang dengan selamat"
Dalam agenda audiensi Kajatisu  mengharapkan kepada  Unimed sebagai Perguruan Tinggi Negeri agar mau menerima kehadiran Kejaksaan Tinggi yang siap membantu menjadi dosen/pengajar di Unimed agar menambah wawasan materi pembelajajaran secara kompetitif secara teori dan praktek hukum terhadap Program Studi Mahasiswa yang sesuai bidang ilmu karena Kajatisu yakin keberadaan Unimed akan mampu menjadi contoh dan teladan dalam penegakkan disiplin bagi kalangan Mahasiswa dengan berpedoman kepada Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu penyempurnaan aplikasi kewajiban dengan ilmu pengetahuan dan ilmu hukum.
Sementara dengan sukacita Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof. Dr. Ibnu Hajar Damanik Msi sekaligus Penanggungjawab Rombongan even di Hungaria nantinya selain akan melaksanakan "Work Shop, Festival,  Seminar Pendidikan Seni, Pertunjukan Budaya Sumatera Utara di Debrecen University Hongaria Eropa Tengah. Event ini bertujuan membentuk jaringan dengan lembaga pendidik di wilayah Eropa Timur, menjalin dan membuka komunikasi bidang seni dan bilateral antara Hungaria-Indonesia  maka Unimed masih membutuhkan perhatian dan bantuan dari donator khususnya persoalan pendanaan Pertunjukan
Agenda Kegiatan;  Mengikuti Pertunjukan di Beograd, Serbia dan Budapest Kompetisi dengan thema "Bunga yang berakarkan pada nilai-nilai tradisi Nusantara khususnya Budaya etnis Sumut Batak Toba, "Tortor Tandok, Sigale-gale, Tortor Si Buru, Batak Karo, "Biring Manggis",  Batak  Simalungun, "Tari Manduda", Judul "Toping Gale Gundala, Batak Pakpak/Dairi, Tari "Tatak Manapu, Kopi, Nias, " tari Faluaya, Maena dan Lompat batu," Batak Tapanuli Selatan, Tari Endeng-endeng", Pesisir Tapteng/Sibolga Tari Selimpit Delapan", Minangkabau Tari Sintak Galuik Piring, Aceh, "Tari Rampoe"
 
Untuk memberikan warna pagelaran akan mempromosikan potensi wisata dan budaya Indonesia maupun destinasi dan heritage yang ada di Sumut, dan akan mengadakan; Kompetisi koreografi, Work Shop, Seminar Pendidikan Seni, membentuk jaringan dengan Lembaga Pendidik Seni di Wilayah Eropa Timur, kerjasama dengan pemerintahan tingkat internasional perantara KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia), dialog kerjasama pendidikan seni dan pertukaran pelajar (study exchange program double degree) antar kedua negara dan membuka peluang kerjasama pendidikan seni jalur internasional. 

Di akhir puncak acara pengikat tali silaturahmi sebagai pengikat hubungan emosional yang positif  tersebut antara lain Rektor Unimed akan melakukan Pemberian Ulos kepada: Gubernur Debrecent Hungaria, Walikota Debrecen Barekfurdo, Mr Hadju Lajos, Rektor University Debrecen, Duta Besar Indonesia di Hungaria Maruli Tua Sagala, dan Ketua Panitia acara Debrecen Flower Carnival.

Nama-nama Rombongan Pertunjukan: 1. Penanggungjawab: Prof. Dr. Ibnu Hajar MSi. Wakil Penanggungjawab/Dekan Dr Isda Pramuniati, MHum, Ketua Tim Martozet SSn MA, Iskandar Muda SSn, MSn, Komposer Erizon Koto ST MHum, Panji Soeroso SPd, MSn, Tata Rias dan Busana Dra Tuty Rahayu MSi, Penata Artistik Muklis Hasbullah SPd, MSn, Dokumentasi Iskandar Muda SSn MSn, Humas Nurlince Hutabarat dan para pemusik maupun penari putra putri merupakan mhasiswa seni tari FBS Unimed.
 
Kompetisi Budaya Sumatera Utara pada “44” Tahun Debrecen Flower Carnival” di Hungaria dan Beograd Serbia Eropa Tengah atas undangan dari Debrecen Universitay Hungaria dan juga undangan dari Walikota  Barekfurdo Hungaria 14-24 Agustus 2013 dalam program studi harus dapat meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM) lulusan dengan cara memberikan pengalaman baik skala nasional maupun internasional sejajar dengan Universitas lainnya, sesuai Keppres No 8 Tahun 2012 maka selain dosen dari internal maupan eksternal Unimed secara tangan terbuka siap menerima demi peningkatan mutu, tutur Rektor. 
 
Kemudian Rektor  menjelaskan, “Unimed  harus berkontribusi dalam mensosialisasikan empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Dan setiap Perguruan tinggi harus mampu mengapilkasikan secara konkrit “Tri Dharma” Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat.
Sebelumnya Rektor Unimed dalam tuturannya memperkenalkan Nama-nama Panitia Pertunjukan yakni Wakil Penanggungjawab/Dekan FBS Unimed Dr.Isda Pramuniati, MHum, Ketua Tim Pertunjukan Martozet S.Sn. MA, Ketua Pogram Studi (Prodi) Seni Tarai FBS Nurwani SST.MHum, Panitia Tata Rias dan Busana Dra Tuti Rahayu, Msi dan Humas merupakan Alumni Unimed Nurlince Hutabarat SPd, dan keberangkatan ini diikuti  direncanakan sebanyak 30 orang, diharapkan dapat menjadi generasi muda yang memiliki wawasan kebangsaan, budaya dan kesadaran bela negara imbuh Rektor.
 Usai berbincang-bincang antara Kajatisu Bambang SetyoWahyudi SH MHum dengan Rektor Unimed Prof. Dr. Ibnu Hajar Damanik Msi saling tukar “Plakat Kejatisu dan Plakat Unimed” dalam suasana suasana sukacita penuh keakraban untuk membangun hubungan emosional yang positif membuka peluang kerjasama nantinya akan berkesinambungan membangun dan mengharumkan perguruan tinggi di Indonesia khususnya di Sumut . (Nurlince Hutabarat SPd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar