Jumat, 17 Agustus 2012

Varia Sumut

Harian Sang saka merah Putih.Com                     SSMP Mengungkap Peristiwa Aktual Sekretariat: Jln TA Hamzah Gg Melati II No 32 Sei Agul Medan Sumatera Utara No Telp: 061-8443168 HP 0813 6200 0086 Rekening Bank Sumut: Cabang Utama No: 100.02.04.008647-1

===============================================================
Plt Gubsu Sidak Ke Pasar Tradisional
Medan, Sang Saka Merah Putih 45
 Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho ST  inspeksi ke pasar tradisional dan pusat perbelanjaan. Sidak dilakukan untuk memastikan harga-harga sembako dan kebutuhan lain untuk Lebaran masih terjangkau dan tersedia untuk warga.
Sidak pertama dilakukan Gatot Pujo Nugroho di Pusat Pasar, Medan, Kamis (16/8).Didampingi kepala dinas terkait, orang nomor satu di Sumatera Utara turun ke pasar. Menemui para pedagang sayuran, pedagang kelontong, pedagang beras dan berdialog dengan warga Medan yang sedang berbelanja.
Di tengah padatnya aktivitas pasar pada H-3 Lebaran, Gatot terlihat membaur dengan warga dan pedagang. Sejumlah lapak pedagang disambangi, mulai lapak pedagang cabai, lapak pedagang bawang , lapak penjual beras, hingga lapak pedagang telur dan lapak pedagang daging.
Dalam dialognya dengan   sejumlah pedagang, Gatot mengetahui sejumlah kebutuhan memang mengalami kenaikan tapi masih dalam batas wajar dan persediaannya juga cukup untuk kebutuhan warga. Harga daging misalnya, kemarin mencapai Rp 90 ribu per kilogram. Angka ini lebih mahal Rp 10.000 dari harga normal.

"Ya pak, kalau mau Lebaran memang naik.  Sekarang kita jual Rp 90 ribu per kilo. Biasanya hanya Rp 80 ribu sampai Rp 85 ribu saja,"kata Murni pedagang daging di stand 484 lantai 1, Pusat Pasar Medan saat ditanya gubernur.
Sementara di tempat penjualan beras, justru tak ditemukan kenaikan harga. Acun pedagang di stand 505 menjelaskan, harga beras masih normal rata-rata Rp 8.000 per kilogram.
Tak hanya itu, Gubernur meninjau harga tomat, cabe merah, dan bawang yang juga masih stabil. Bahkan sejumlah pedagang menjelaskan harga kebutuhan pokok ini  sangat stabil karena stok aman hingga usai lebaran.

"Masih stabil pak, kalau naik paling seribu dan dua ribu saja," kata seorang penjual tomat kepada Plt Gubernur.
Usai sidak ke Pusat Pasar, Gatot beralih ke swalayan Macan Yohan yang berada di lantai II Medan Mall. Di tempat ini, Gatot mendatangi rak-rak steling barang dagangan. Bersama dinas terkait, Plt Gubernur memeriksa sejumlah minuman kaleng, kue-kue kaleng dan sirup.

"Ini masa berlakunya masih jauh dan layak di jual," ujar Gatot sembari membetulkan kacamatanya saat memeriksa tanggal kedaluwarsa sekaleng minuman bersoda.
Usai sidak di Swalayan Macan Yaohan, Gatot beranjak ke Matahari Departement Store. Di tempat ini Gatot sempat berdialog dengan warga Medan yang asyik berbelanja pakaian untuk keperluan Lebaran.
Gatot saat sidak didampingi Manager Matahari Departemen Store, Jonson Hutabarat. Kepada Jonson, dia pun bertanya,” Saat menjelang Lebaran, apa yang banyak diburu masyarakat di sini?".

Jhonson pun dengan sigap menjawab dan menunjuk estalase tempat baju-baju koko dijual. “ Baju koko Pak. Itu paling diburu saat ini oleh warga Medan. Penjualannya  melonjak hingga 3 kali lipat dari hari-hari biasa,”.
Kepada Gubernur, Jonson juga menerangkan saat ini selain baju koko warga juga banyak membeli baju muslim untuk wanita. Sementara pembelian baju untuk kanak-kanak justru ramainya 3 pekan lalu.
Usai mendapat keterangan dari Jonson, tanpa diduga Gatot langsung mempersilakan 20-an wartawan yang meliput sidak itu untuk memilih baju koko.
“ Ayo-ayo kawan-kawan wartawan silakan ambil baju kokonya seorang satu. Saya traktir deh,” kata Gatot yang sontak disambut gembira para kru wartawan yang sudah meliput selama kurang lebih tiga jam. (LincheHutabarat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar