Rabu, 13 Februari 2013

"Sang Koruptor" Mantan Dirut Bank Sumut Gus Irawan Pasaribu


Katakan Tidak Pada "Sang Koruptor" Mantan Dirut Bank Sumut   Gus Irawan Pasaribu
Medan.     Mahasiswa dari Kelompok Diskusi Mahasiswa Sentral Pejuang Demokrasi (SPD) demo di Kejatisu  menyatakan Kejaksaan tebang pilih dalam penyelidikan dugaan korupsi  sebesar R344.489. 531.423,15 dari Bank Sumut  terkait pakaian dinas, kredit fiktif, laba dan alat berat diduga mencapai Rp 500. Miliar  KPU juga diduga juga sudah berkolaborasi karena harusnya tidak  selektif dalam menentukan  Calon Gubernur Sumatera  Utara seperti  "Gus Irawan Pasaribu" adalah tidak relevan dan tidak pantas .
Pihak Kejatisu juga hendaknya "Jangan cuma cari muka. Usut tuntas dugaan korupsi di Bank Sumut diduga dilakukan oleh Gus Irawan, " tegas koordinator aksi Mahasiswa, Fajar Aritonang.

Fajar menilai, fakta hasil audit BPK RI Sumut jelas menemukan adanya penggunaan anggaran di Bank Sumut yang tidak sesuai peruntukannya, dengan nilai lebih dari Rp40 Miliar, karena  pada saat itu Gus Irawan Pasaribu menjabat sebagai Dirut
Ditambahkan Aritonang hendaknya penyelidikan pihak penegak hukum harus serius dan fokus, sebelum api berkobar lebih besar lagi, tegas Aritonang.

Sementara Kasi Penkum Kejatisu Marcos Simare-mare  yang menerima pengunjuk rasa, menyatakan, untuk mengusut sebuah kasus korupsi, maka wajib mendapatkan dua alat bukti permulaan. Jika itu belum ditemukan, maka penyidikan akan terhambat. Meski, pihaknya sudah mempelajari berkas yang diberikan Mahasiswa. "Akan saya sampaikan ke pimpinan dan Ini akan kita pelajari, " tegas  Marcos Simare-mare..

Sebelum membubarkan diri, massa sempat melakukan aksi bakar ban di jalan utama AH Nasution, Medan. Akibatnya sempat terjadi kemacetan cukup panjang. Namun, tidak berlangsung lama, karena aparat Kepolisian langsung membubarkan pengunjuk rasa.
Muslim Simolon melihat dalam konteks ini, ada indikasi politisasi menjelang Pilgubsu 2013.  pun berpikir ini ada kaitannya dengan salah satu kandidat yang akan bertarung di Pilgubsu 2013. Karena salah satu dari sekian banyak calon itu, adalah mantan Dirut Bank Sumut. Gus Irawan Pasaribu. Kita seharusnya memberikan pelajaran politik yang cerdas dan sehat kepada masyarakat. Tidak melakukan black campaign dan upaya-upaya politik yang tidak bermartabat,” tegas Muslim Simbolon dari Fraksi PAN. (che-che)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar